Join The Community

Minggu, 09 Oktober 2011

ORGANISASI LABA DAN NON LABA

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Unsur-unsur
Ada tiga unsur penting organisasi:
  1. Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
  2. Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. Ini berarti, bahwa terdapat rasa senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok.
  3. Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness”.

Pendekatan organisasi :
Keyakinan bahwa keefektifan organisasi tidak dapat dirumuskan karena ada perbedaan pandangan, oleh karena itu, maka pemahamannya melalui suatu pendekatan yang sering diungkapkan dengan apa yang disebut :
1.   Pendekatan pencapaian tujuan, menyatakan bahwa keefektifan sebuah organisasi harus dinilai dengan pencapaian tujuan ketimbang caranya.
2.   Pendekatan sistim, bahwa organisasi terdiri sub bagian yang saling berhubungan, oleh karena itu dinilai berdasarkan kemampuannya untuk dan mempertahankan stabilitas dan keseimbangan.





Menurut keuntungannya organisasi dibagi menjadi 2 , yaitu Organisasi Laba dan Non Laba . Inilah penjelasan organisasi- organisasi tersebut :

ORGANISASI LABA

Organisasi laba adalah organisasi yang bersifat untuk memperoleh untung dari hasil organisasinya dan telah memiliki sumber pendanaan yang jelas, yakni dari keuntungan usahanya. Contoh organisasi laba ialah bank, perusahaan-perusahaan swasta yang bertujuan mencari laba dari hasil usahanya.

Salah satu contoh perusahaan swasta adalah PT KRAKATAU STEEL . PT Krakatau Steel tercatat masuk dalam sektor industri dasar dan kimia. Di sektor ini, sudah ada beberapa perusahaan yang lebih senior melantai di bursa, yaitu  PT Jaya Pari Steel Tbk dan PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk. Meski secara ukuran dua perusahaan ini jauh lebih kecil, PE Ratio tetap bisa digunakan sebagai pembanding mahal atau murahnya suatu saham.
Permasalahan yang menghinggapi PT Krakatau Steel sepertinya makin hari makin memanas, apalagi permasalahan saham juga lagi rame diperbincangkan. Karena dirasa permasalahan ini sangat pelik tokoh nasional M Amien Rais dan sejumlah politisi Partai Amanat Nasional menuding Kementerian Badan Usaha Milik Negara telah berlaku tidak adil dalam menetapkan harga saham PT Krakatau Steel. Mereka menilai saham Krakatau yang dijual dengan harga Rp850 per saham sangatlah murah.
Krakatau Steel berncana akan melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 3,1 miliar saham baru atau setara 20 persen dari modal disetor penuh perseroan. Saham yang ditawarkan ini bernominal Rp500.
Selama semester I-2010, pendapatan Krakatau naik menjadi Rp9 triliun dibandingkan periode yang sama 2009 yang hanya Rp7,8 triliun. Namun, laba bersih produsen plat baja canai dingin ini menurun menjadi Rp997,8 miliar dari sebelumnya Rp1,1 triliun. Hingga semester I-2010, emiten berkode GDST berhasil membukukan laba bersih Rp119 miliar. Angka ini  meningkat signifikan dibandingkan semester-I 2009 yang masih membukukan rugi Rp209 miliar. Penyebab positifnya kinerja perseroran adalah penjualan bersih yang tumbuh 7,57 persen menjadi Rp893 miliar dari posisi pertengahan tahun sebelumnya sebesar Rp830 miliar.







ORGANISASI NON LABA

Organisasi non laba adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersil, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba . Contoh dari organisasi non laba adalah gereja, mesjid, sekolah negeri, derma publik, rumah sakit dan klinik public .
Salah satu contoh organisasi non laba adalah Rumah Sakit . Rumah sakit merupakan organisasi non laba yang berbeda jelas dengan organisasi berbentuk perusahaan yang bertujuan mencari laba . walaupun merupakan organisasi non laba , tidak berarti dengan masalah pengelolaan keuangan ,  organisasi jenis ini umumnya memiliki sumber keuangan yang terbatas sehingga perlu ada prosedur kerja yang efisien untuk mengamankan sumber dana yang terbatas tersebut . Perencanaan keuangan tetap diperlukan walaupun sasaran organisasi tersebut bukan laba . teknik yang biasa dilakukan Rumah Sakit adalah pengawasan keuangan secara preventif untuk mengamankan harta serta melakukan perbandinga prestasi dengan rencana yang telah dicapai .
Manajemen Rumah Sakit menghadapi masalah yang cukup rumit , yaitu pertimbangan biaya dalam pelayanan medis . Hal ini disebabkan karena ada kalanya pelayanan medis yang efektif tidak selalu diikuti dengan efisiensi biaya . kadang-kadang justru diperlukan biaya tinggi untuk memberikan pelayanan yang efektif . Manajemen harus mengambil keputusan dengan mempertimbangkan dana yang terbatas namun tetap memperhatikan factor kemanusiaan lainnya .
Sesuai dengan fungsi system pengendalian manajemen yang telah diuraikan sebelumnya dan mengaitkan dengan kondisi di atas , maka dapat disimpulkan bahwa system ini diperlukan di Rumah Sakit untuk memastikan bahwa semua strategi dan kebijakan dalam pengelolaan keuangan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu pelayanan yang baik dan kelangsungan hidup organisasi .


2 komentar:

benar sekali!!!! https://www.pijarnews.com

Posting Komentar

 
Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!